TENTANG SEMBADHA

Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri atas Dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam dharma pendidikan, perguruan tinggi diharapkan melakukan peran pencerdasan masyarakat dan transmisi budaya. Dalam dharma penelitian, perguruan tinggi diharapkan melakukan temuan-temuan baru ilmu pengetahuan dan inovasi kebudayaan untuk kesejahteraan masyarakat. Dalam dharma pengabdian kepada masyarakat, perguruan tinggi diharapkan melakukan pelayanan kepada masyarakat untuk ikut mempercepat proses peningkatan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Melalui dharma pengabdian kepada masyarakat inilah perguruan tinggi juga akan memperoleh umpan balik dari masyarakat tentang tingkat kemajuan dan relevansi ilmu yang dikembangkan perguruan tinggi itu.  Keberadaan Perguruan Tinggi mempunyai kedudukan dan fungsi penting dalam pemberdayaan masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu tujuan partisipasi masyarakat, selain itu dari sisi kapasitas penerima manfaat, meningkatkan efektifitas proyek, meningkatkan efisiensi proyek, dan berbagi biaya proyek juga merupakan tujuan yang ingin dicapai dengan adanya partisipasi masyarakat. Partisipasi publik berlangsung pada empat jenjang, yaitu: partisipasi dalam proses pembentukan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi dalam pemanfaatan hasil, dan partisipasi dalam evaluasi.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat harus mampu mengembangkan teknik-teknik pendidikan tertentu yang imajinatif untuk menggugah kesadaran masyarakat. Orientasi pemberdayaan masyarakat haruslah membantu masyarakat agar mampu mengembangkan diri atas dasar inovasi-inovasi yang ada, ditetapkan secara partisipatoris, yang pendekatan metodenya berorientasi pada kebutuhan masyarakat sasaran dan hal-hal yang bersifat praktis, baik dalam bentuk layanan individu maupun kelompok.

Sebagai bentuk apresiasi atas kegiatan pemberdayaan masyarakat, maka Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) akan menyelenggarakan Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMBADHA) 2019 yang merupakan wadah kerjasama antara perguruan tinggi, dunia usaha, pemerintah dan pelaku lain dalam upaya diseminasi dan kerjasama kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi. Kegiatan tahun ini merupakan kali kedua diselenggarakan oleh PKNSTAN. SEMBADHA kedua ini akan diselenggarakan di Kampus PKNSTAN pada bulan 10 dan 11 Oktober 2019, dan diharapkan akan diikuti oleh sekitar 200 peserta dari perguruan tinggi di Indonesia. Keikutsertaan peserta dalam acara ini tidak dipungut biaya.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMBADHA) 2019 dilakukan dalam rangka merespon Rencana Strategis Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti (2015-2019), yang di dalamnya telah ditetapkan tujuan “Meningkatnya Relevansi dan Produktivitas Riset dan Pengembangan Iptek” dan upaya aktif Politeknik Keuangan Negara STAN untuk terlibat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui media pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah di perguruan tinggi. Lebih lanjut, penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Mewujudkan keunggulan program pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi;
  2. Meningkatkan daya saing perguruan tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat;
  3. Meningkatkan angka partisipasi dosen, peneliti dan mahasiswa dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Meningkatkan kapasitas pengelolaan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi;
  5. Memberikan wadah bagi para dosen, peneliti dan mahasiswa pelaksana pengabdian kepada masyarakat untuk dapat mempresentasikan dan mempublikasikan kegiatan–kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat luas untuk dapat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik;
  6. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah sivitas akademika dalam jurnal nasional dan internasional yang dikembangkan dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Hasil (Outcome)

Hasil (outcome) dari kegiatan ini adalah:

  1. Setiap peserta berkesempatan mensosialisasi dan mempresentasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Meningkatnya jumlah publikasi artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam bidang sosial humaniora, di kalangan sivitias akademika perguruan tinggi;
  3. Meningkatnya program-program pengabdian masyarakat di bidang (1) Pertanian, Perikanan, dan Kelautan; (2) Lingkungan Hidup dan Manajemen Bencana; (3) Kesehatan; (4) Ekonomi, Sosial, dan Budaya; (5) Teknologi Terapan, Teknologi Informasi dan Komunikasi; (6) Pendidikan.
  4. Meningkatnya jumlah jurnal nasional bereputasi dan berakses terbuka (open access) yang berisikan publikasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat;
  5. Memperbaiki posisi Indonesia dalam publikasi ilmiah di kancah internasional, khususnya bidang pengabdian kepada masyarakat.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat bagi para dosen, peneliti dan mahasiswa perguruan tinggi adalah sosialisasi dan presentasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat; peningkatan jumlah publikasi artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, di kalangan sivitias akademika perguruan tinggi; peningkatan program-program pengabdian masyarakat dalam bidang literasi dan inklusi keuangan berbasis problem dan isu-isu kritis dalam

  1. Pertanian, Perikanan, dan Kelautan
  2. Lingkungan Hidup dan Manajemen Bencana
  3. Kesehatan
  4. Ekonomi, Sosial, dan Budaya
  5. Teknologi Terapan, Teknologi Informasi dan Komunikasi
  6. Pendidikan

Selanjutnya, seminar nasional ini hanya difokuskan kepada presentasi artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan sivitas akademika di perguruan tinggi berdasarkan problem dan isu-isu kritis di masyarakat.

Metode Kegiatan

Rangkaian Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat bagi para dosen, peneliti dan mahasiswa di perguruan tinggi ini meliputi: Public Sector Innovation Exhibition, Call for Paper, dan Seminar Nasional. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari dan bersifat interaktif antara peserta. Hari pertama, tanggal 10 Oktober 2018, diisi kegiatan Call For Paper dimana terdapat parallel session dan diskusi praktik/implementasi kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan, baik oleh dosen/peneliti ataupun mahasiswa dalam format program kreatif mahasiswa. Kegiatan parallel session ini dibagi kedalam 10 ruang presentasi. Hari kedua, tanggal 11 Oktober 20182018, diisi Seminar Nasional, target peserta seminar ini dihadiri oleh 1.500 peserta yang terdiri dari tamu undangan, dosen-dosen, dan mahasiswa. Acara Public Sector Innovation Exhibition merupakan acara tambahan yang berisi pamaren inovasi-inovasi yang telah dilaksnaakan oleh pihak-pihak yang berkecimpung dalam inovasi di sektor publik, acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2019.

Hasil dari kegiatan ini adalah publikasi artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen, peneliti dan mahasiswa di perguruan tinggi atau peserta seminar lainnya dalam bentuk prosiding dan jurnal dari host dan co-host SEMBADHA 2019. Keikutsertaan peserta dalam acara ini tidak dipungut biaya.